Bulan Ramadan 2024 tinggal menghitung hari. Tentu umat muslim diwajibkan melaksanakan ibadah puasa. Termasuk untuk tidak makan minum terhitung sejak imsak hingga bedug maghrib.
Lalu jika begini, bagaimana dong bagi bisnis kuliner untuk tetap bisa meraih pendapatan dan berlimpah cuan di bulan Ramadan 2024. Tidak perlu panik karena selalu ada cara jika kita mau cari solusinya.
Biasanya di bulan Ramadan 2024 nanti justru konsumsi masyarakat untuk makanan dan minuman selama bulan puasa akan meningkat. Peningkatan konsumsi ini artinya bagus untuk kamu yang menjalankan bisnis di bulan puasa.
Hal ini juga dibuktikan oleh hasil analisis oleh perusahaan periklanan online Criteo, data menunjukan ada lebih dari 111 juta transaksi belanja di Indonesia dan Malaysia selama Ramadan. Yang menarik, sebanyak 53% pelanggan membeli lewat belanja online di desktop dan 68% pelanggan membeli lewat smartphone.
Data yang dilansir oleh Forbes juga mengungkapkan kalau pelanggan yang membeli suatu produk atau jasa lewat iklan yang mereka dapat, rata-rata meningkat sebanyak 20% sebanyak di bulan suci ramadhan.
Memanfaatkan momen Ramadan 2024 justru bisnis kuliner kamu bisa makin cuan dan tetap bisa mendapatkan pelanggan. tentunya dengan langkah dan tips yang tetap untuk diterapkan di usaha kuliner yang sesuai dengan target marketnya.
Yuk kita simak 5 cara agar bisnis kuliner kamu tetap bisa meraih cuan selama bulan Ramadan.
1. Manfaatkan momen Buka Bersama dan Sahur
Buka bersama (bukber) dan puasa adalah waktu dimana umat muslim leluasa untuk menikmati makanan dan minuman. Tentu mereka ingin sajian yang istimewa dan khas yang tidak bisa ditemui di bulan-bulan biasa. Kamu bisa coba membuat menu khusus yang bisa dinikmati oleh konsumen di saat bukber dan sahur.
2. Memaksimalkan Channel Media Sosial kamu
Di zaman semua orang ber-medsos ria tentunya kamu tak mau dong jika tidak bisa meraup banyak konsumen dari media sosial. Aktifkan channel media sosial yang sedang hype saat ini. Instagram, Tiktok dan Youtube adalah channel yang cocok untuk mempromosikan bisnis kuliner. Syukur-syukur bisnis kamu bisa mendadak viral.
Jika perlu siapkan budget khusus untuk beriklan di media sosial dengan memanfaatkan momen Ramadhan ini. Ajakan juga follower kamu untuk mengirim review atau ulasan dari produk kamu.
3. Mulai Jualan Lebih Awal Sebelum Ramadan
Kamu pasti tidak asing dengan brand Sirup Marjan. Yups iklan sirup yang satu ini selalu muncul bahkan sebelum bulan puasa dimulai, sampai-sampai ada istilah kalau iklan Sirup Marjan sudah muncul pertanda bulan ramadhan sudah dekat.
Strategi curi start inilah yang bisa kamu tiru. Buatkan semacam publikasi atau konten menarik yang dijalankan sebelum bulan puasa tiba. Harapannya agar konsumen mudah ingat brand kuliner kamu saat ramadhan tiba.
4. Siapkan Konten Tematik Ramadan yang Menarik
“Content is King” begitulah istilah dalam dunia digital marketing dimana konten yang menarik penting peranannya dalam bisnis kuliner kamu.
Siapkan konten yang menarik tapi juga harus relevan dan update dengan nuansa Ramadan 2024 ini. cari tahu juga konten apa saja yang sedang viral di media sosial. Ini bisa kamu terapkan di brand kamu nantinya.
5. Sediakan Layanan Pesan Antar
Sekarang ini bisnis kuliner yang mampu bersaing adalah yang memiliki layanan lebih selain memiliki menu yang tentunya enak menggoyang lidah. Salah satu layanan yang penting dalam bisnis kuliner adalah layanan pesan antar.
Layanan pesan antar atau delivery ini akan sangat membantu konsumen kamu dalam menyiapkan menu berbuka atau santap sahur dengan lebih cepat dan praktis. Apalagi jika kamu menyasar segmen pasar milenial dan ibu-ibu muda yang tak mau repot belanja keluar rumah.
Itulah 5 cara agar bisnis kuliner kamu tetap bisa meraih cuan selama bulan Ramadhan. Jangan lupa selalu update informasi dan tips bisnis online dan digital marketing hanya di bisnisgoonline.com.