
Penasaran dengan keunggulan iklan di internet? Seringkali ketika sedang bepergian, saya lihat ke beberapa papan iklan atau baliho yang ada di pinggiran jalan. Iklannya gede-gede, desainnya keren-keren, dengan kata-kata yang persuasif.
Saya pikir, keren ya bisa pasang iklan di pinggir jalan begitu. Bisa dilihat banyak orang yang pas lewat di sekitarnya. Apalagi kalau jalan dan tempatnya ramai.
Tapi, biayanya berapa ya?
Hmm, pastinya relatif “mahal” ya buat ukuran usaha yang masih skala UKM.
Karena biasanya untuk usaha awalan itu kan kondisi keuangannya belum stabil dan sebanyak usaha yang sudah mapan.
Selain itu, SDM nya juga kadang belum banyak-banyak amat, bahkan bisa jadi si owner ini merangkap banyak jobdesc, ya ngurusi bagian produksi, mikir strategi promosi, ngelola penjualan, dan keuangan.
Kalau harus mikir bikin desain banner iklan, lalu cari tempat cetak iklan plus urus ijin pasang iklan di sini dan di sana, repot kan…
Terus gimana ya solusinya biar tetap bisa berpromosi secara efektif dan efisien?
Solusi Ngiklan Cepat dan Praktis
Kabar baiknya, sekarang sudah banyak platform media sosial yang bisa kita pakai untuk beriklan, dengan biaya yang relatif terjangkau untuk pebisnis UKM dan usaha rintisan a.k.a startup, dan juga proses pembuatannya mudah dan praktis.
Cukup berbekal laptop atau gadget HP yang mumpuni, kita bisa pasang iklan di platform tersebut.
Biayanya juga bisa mulai dari 20ribu’an per hari loh.. (cmiiw), namun jangkauan iklannya bisa se-Indonesia Raya, bahkan internasional. Tergantung sejauh mana kita menarget pasar.
Bukan berarti iklan di media offline atau di media cetak itu nggak unggul, tetap semua punya plus minus nya masing-masing. Dan jika budget promosi sudah cukup longgar, iklan offline maupun iklan online juga oke kok jalan berbarengan.
Keunggulan Iklan di Internet
Nah, lalu apa saja keunggulan iklan di internet selain biaya yang relatif terjangkau? Berikut beberapa kelebihan yang berhasil saya daftar (yang baru kepikiran sepintas), diantaranya:
- Punya jangkauan pemirsa yang luas dan iklan bersifat global, sepanjang ada akses internet orang-orang bisa melihatnya.
- Kini ada beragam platform yang dapat digunakan untuk beriklan secara online, ada Google Ads, Bing Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, Twitter Ads, LinkedIn Ads, dll. Yang tidak kalah serunya, kita juga bisa lho bikin channel iklan sendiri, tentunya menggunakan website yang dikelola sendiri.
- Penggunaannya relatif praktis dan mudah, ada banyak tutorial tersedia di internet, termasuk di dokumentasi penggunaan di masing-masing platform.
- Tidak buang-buang kertas, plastik, dan media cetak yang biasanya digunakan untuk beriklan.
- Target bisa dibikin spesifik, mau mengarah ke segmen mana, orang-orangnya siapa saja, termasuk usia, profesi, pekerjaan, dan kebiasaan target market kita.
Ya, tentunya masih banyak kelebihan / keunggulan lainnya. Beberapa daftar di atas mungkin sudah cukup mewakili. Kalau ada yang ingin berbagi, silakan saja lho, bisa disampaikan di kolom tanggapan.
Semoga bermanfaat ๐
Tinggalkan Balasan