Sebagai pemilik toko online kamu pasti sudah tahu istilah Repeat Order. Bagi kamu yang belum tahu Repeat Order adalah pembelian berulang kali yang dilakukan oleh seorang di toko online atau brand kamu.
Repeat order memang dipengaruhi banyak faktor. Bisa karena produk yang kamu jual sangat bagus, nilai lebih yang pelanggan dapatkan atau karena pelayanan yang kamu berikan membuat pembeli merasa puas.
Sering terjadi transaksi repeat order di toko online mu juga menandakan kalau toko mu mengalami pertumbuhan yang oke, baik dari segi pelanggan dan segi omzet juga akan meningkat.
Namun untuk bisa repeat order di toko online kamu harus ada strategi yang tepat sehingga pembeli yang transaksi kembali datang dan datang terus.
Kali ini bisnisgoonline.com akan membagikan 5 rahasia agar toko online kamu bisa repeat order berkali-kali.
1. Berikan Pelayanan Terbaik untuk Pembeli Baru
Kesan pertama dalam melayani pembeli baru sangat menentukan apakah mereka akan kembali berbelanja di tempat kita atau malah berpindah ke kompetitor.
Berikan pelayanan terbaik dan sepenuh hati kepada pembeli baru yang melakukan transaksi di toko online mu. Setelahnya kontak kembali mereka dan tanyakanlah kesan setelah memakai produk mu.
Layanan terbaik haruslah selalu dilatih dari hari ke hari, pelanggan memang bermacam jenisnya untuk itu kamu harus belajar mengenali tipe-tipe orang yang sering belanja di toko online mu.
2. Berikan Bonus dalam Pembelian Tertentu
Ya bonus memang menjadi suatu daya tarik agar pembeli datang kembali ke toko online mu. iming-iming bonus juga harus kamu rencanakan sematang mungkin, jangan sampai memberatkan ongkos produk bisnismu.
Misalnya jika toko online kamu menjual sepatu maka setiap ada pembeli yang pesan sepatu keluaran baru dengan seharga Rp. 300,000,- kamu bisa berikan gratis sepasang kaos kaki. Dengan begini pembeli akan senang dan memancing kembali dia untuk belanja lagi.
3. Buatlah Program Pelanggan Loyal dan Membership
Pernahkah ketika kamu berbelanja ke sebuah minimarket ditanya oleh kasirnya untuk membuat kartu membership. Nah itulah yang disebut dengan program pelanggan loyal. Tujuannya agar pembeli yang join dalam program membership itu dalam beberapa keuntungan yang tidak dapat pembeli biasa.
Program membership ini bisa dengan memberikan diskon harian, point untuk undian berhadiah dan lain sebagainnya. Banyak bisnis besar yang sudah menggunakan strategi membership ini untuk meraih repeat order berkali-kali.
Membuat program membership pelanggan sekarang ini juga makin mudah, kamu bisa membuat website atau forum online yang menjadi wadah untuk mengumpulkan para anggota membership.
4. Fast Respons dalam Menghadapi Pelanggan
Setiap bisnis pasti akan mengalami permintaan dan keluhan dari pelanggan. Disinilah pentingnya fast respons dalam menghadapi para pelanggan.
Manfaatkanlah berbagai macam media dan teknologi untuk mempermudah pelanggan dan tim kamu untuk berinteraksi. Jangan sampai ada permintaan dan komplain dari pembeli kamu diamkan terlalu lama, bisa-bisa mereka malah akan lari dan tak mau belanja lagi.
Yang termudah adalah menggunakan channel media sosial dan whatsapp untuk menjadi sarana fast respons dalam menghadapi pelanggan. Siagakan selalu seorang customer service untuk berkomunikasi dengan pembeli.
5. Berikan Voucher Belanja Kepada Pembeli Baru
Berikan voucher belanja kepada pembeli baru untuk digunakan transaksi selanjutnya di toko online mu. Cara ini juga ampuh untuk mendatangkan repeat order. Voucher juga diberikan kepada pelanggan lama, mereka juga akan senang hati belanja kembali ke toko mu.
Manfaatkan email untuk mengirim voucher secara digital langsung ke pelanggan. Jangan lupa berikan pesan personal dan info produk terbaru anda lewat email tersebut agar mereka tertarik untuk membeli.
Nah itulah5 Rahasia Agar Toko Online Kamu Repeat Order Berkali-kali. Cobalah praktekan cara tersebut agar kamu bisa mendapatkan pelanggan setia. Untuk informasi seputar cara jualan online dan digital marketing terkini stay tune dan kunjungi terus kami bisnisgoonline.com.